21 Hal Yang Membanggakan Dari Indonesia

lokasi negara indonesia
Peta Negara Indonesia
Negara Indonesia atau RI atau Republik Indonesia adalah Negara di Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan berada diantara Benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Hindia. Di Negara yang  kita tempati ini apakah kamu tahu jika ada hal-hal yang dapat kita banggakan dari Negara kita yang tercinta ini? Jika kamu sudah  tahu  tidak apa-apa namun jika kamu belum tahu maka kamu bisa membaca artikel ini. Baiklah berikut ini hal-hal yang membanggakan dari Negara Indonesia.
  1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia
    Terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
  2. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia
    Dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia merupakan Negara maritim  terbesar di dunia.
  3. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia
    Dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  4. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak,
    Yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  5. Monumen Budha (Candi) terbesar di dunia
    Adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
  6. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia,
    Yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu. Menurut penelitian manusia purba tertua di dunia ditemukan  di Indonesia.
  7. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II.
    Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tahun itu, Republik Indonesia merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  8. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)
    Pada tanggal 7 Januari 1965. Indonesia keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB ) Kemudian Indonesia bergabung kembali  ke dalam PBB pada tahun 1966.
  9. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria.
    Yaitu pada Thomas Cup, yaitu sebanyak 13x  (pertama kali tahun 1958 & terakhir 2002).
  10. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia
    (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  11. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian,
    Yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  12. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (Plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  13. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  14. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
  15. Biodiversity Anggrek terbeser didunia :
    6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  16. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia.
    Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
  17. Binatang purba yang masih hidup
    Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  18. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia.
    Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  19. Memiliki primata terkecil di dunia
    Yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  20. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia
    Yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  21. Ikan terkecil di dunia
    Yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk.
Banyak  bukan  kelebihan dan kebanggaan dari Negara Indonesia? Tinggal bagaimana cara mengolah dan memeliharanya saja yang harus di dukung dengan kepercayaan diri yang hebat.
Sekian artikel ini mengenai hal yang membanggakan dari Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »