Apa Itu Jerawat?

Apa itu jerawat dan apa jenis-jenis jerawat itu? Banyak orang beranggapan bahwa jerawat yang biasa berupa benjolan-benjolan kecil kemerahan hanya muncul pada wajah. Padahal sebenarnya jerawat bisa muncul diberbagai tempat seperti dada, punggung dan kulit kepala. Dan jerawat ternyata memiliki jenis yang beraneka macam tidak itu-itu saja meski terlihat mirip. Sekecil apapun jerawat meskipun tidak menyakitkan memang sangat mengganggu bagi sebagian orang karena selain mengurangi kecantikan bagi wanita juga bisa membuat kita kurang percaya diri.
jerawat
Jerawat
Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada pori-pori. Peradangan ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat saluran minyak dan kemudian menguncang bakteri yang menyebabkan infeksi. Bentuk jerawat pada umumnya seperti bisul kecil yang ukurannya bisa sangat berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jerawat tentu saja sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika jerawat tersebut masih baru pasti akan terasa perih.

Penyebab terjadinya jerawat adalah adanya debu atau kosmetik yang tidak dibersihkan secara baik dan benar. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit juga dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Wajah yang terlalu sensitif, terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan jarang membersihkan wajah juga dapat menimbulkan jerawat. Selain itu jerawat juga timbul karena hormon yang tidak stabil. Ini pada umumnya dialami oleh remaja yang sedang dalam masa pubertas. Oleh karena itu para remaja harus lebih sering membersihkan wajah dan melakukan perawatan wajah dengan baik dan benar supaya tidak terserang jerawat.

Dan berikut kita akan membahas lebih lanjut seputar jerawat ini, selain untuk menambah pengetahuan juga sangat penting sehingga kita bisa tahu cara menghilangkan jerawat dengan benar dengan langkah-langkah yang tepat serta efektif.

Jenis-Jenis Jerawat Yang Harus Kamu Tahu

Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya
  1. Jerawat Radang
    Apabila kantung folikel yang terdapat pada dermis terisi oleh lemak padat, maka akan mengakibatkan dermis mengembung. Kemudian akan pecah sehingga darah putih akan menyerang daerah folikel sabasea sehingga terjadilah peradangan pada kulit. Jerawat radang ini akan terasa sakit dan memiliki ukuran yang cukup besar lebih besar dari komedo yang didalamnya terdapat cairan nanah. Apabila kita berusaha memecahnya menggunakan tangan atau alat yang tidak bersih maka akan terjadi peradangan yang lebih parah dikarenakan kuman dari luar masuk dan menginfeksi.
  2. Komedo
    Mendengar kata komedo pasti tidak asing bagi kamu, dan komedo ini juga termasuk salah satu jenis jerawat. Namun komedo tidak sakit seperti jerawat radang hal ini karena komedo merupakan jerawat yang hanya menyumbat pori-pori pada kulit dan tidak terinfeksi oleh kuman dan bakteri.

    Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis:
    Komedo Terbuka (White hide comedo) yang memiliki ciri-ciri pori-porinya yang tersumbat memiliki warna putih pucat.
    Komedo Tertutup (Black head Comedo) yang memiliki ciri-ciri pori-porinya yang tersumbat memiliki warna kehitam-hitaman.
  3. Jerawat Konglobata
    Jerawat jenis konglobata ini adalah kumpulan dari jerawat-jerawat terkadang berupa bisul-bisul. Mulanya jerawat seperti ini diawali munculnya 1 jerawat kemudian bertambah dan terus bertambah sehingga bergerombol dan menjadi satu yang kemudian melebar dan bernanah. Hal ini terjadi karena kita memencet jerawat menggunakan sesuatu yang tidak bersih seperti kuku atau alat-alat lainnya, sehingga kuman dan bakteri menyebar dan membuat jerawat semakin parah. Dan meski jerawat ini bisa disembuhkan namun bekasnya sulit untuk dihilangkan.
Jenis Jerawat yang di Kenal Masyarakat
  1. Jerawat Batu
    Jerawat batu sebenarnya sama saja dengan jerawat radang, namun memiliki ukuran yang lebih besar dan terasa menyakitkan karena terjadi peradangan yang hebat. Jika terus dibiarkan tanpa segera diobati maka setelah jerawat ini sembuh akan meninggalkan bekas luka seperti cekungan pada wajah yang tak bisa diobati.
  2. Jerawat Pasir
    Jerawat pasir adalah kumpulan jerawat-jerawat kecil yang banyak sehingga terlihat seperi pasir. Jerawat ini tidak sakit karena tidak terjadi peradangan namun membuat wajah jadi tidak enak untuk dilihat.
Aneka Jenis Jerawat Lainnya
  1. Jerawat Juvenil
    Jerawat juvenil adalah jerawat yang terjadi karena perubahan hormon dimasa remaja yang mengalami pubertas atau antara umur 14 hingga 20 tahunan. Hormon tersebut tidak stabil dikarenakan memproduksi sebum.
  2. Jerawat Rosacea
    Berbeda dengan jerawat juvenil, jerawat yang satu ini muncul pada wanita usia 30 hingga 50 tahun. Jerawat ini terjadi akibat peradangan kemudian akan menimbulkan lipatan pada hidung yang seolah-olah terliah bersisik. Apabila terkena jerawat ini maka untuk mengatasinya adalah dengan pergi ke dokter kulit.
  3. Jerawat Nitrosica
    Jerawat yang satu ini merupakan jerawat yang cukup berbahaya karena jika salah melakukan pengobatan bisa menimbulkan lubang pada wajah dan dapat merusak wajah. Jika kamu terkena jerawat ini maka solusinya adalah kamu harus pergi ke dokter kulit. Jenis jerawat ini adalah tahapan akhir dari jerawat.
  4. Jerawat Vulgaris
    Jerawat vulgaris ini sebenarnya adalah nama lain dari komedo. Komedo ini adalah salah satu jenis jerawat yang cukup mudah untuk diobati. Umumnya dapat disembuhkan dengan melakukan penguapan di bagian wajah yang terkena jerawat.
Terjawab sudah bukan apa itu jerawat dan segala macam jenisnya? Wah jerawatpun ada berbagai macamnya juga ya, jerawat sebenarnya bukan sesuatu yang harus ditakuti asal kita tahu penanganannya. Sebab umum munculnya jerawat adalah perubahan hormon serta kurangnya kita dalam menjaga kebersihan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencuci muka kamu dengan rutin termasuk ketika menjelang tidur. Semoga  artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »