7 Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi anggota tubuh.
Tak bisa dipungkiri, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang cukup lama. Kita akan mengalami Dehidrasi. Dehidrasi atau Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera.

Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Tahukah kamu? Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu pada pagi hari. Lalu, apa saja manfaat minum air putih di pagi hari bagi kesehatan tubuh?

Idealnya seseorang membutuhkan delapan gelas air putih perharinya,ini dikarenakan, banyak sekali aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif dalam menjalankan aktivitasnya. Pagi hari setelah bangun dari tidur merupakan waktu yang tepat untuk mulai minum air putih. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat minum air putih di pagi hari.
air putih
Segelas air putih
Berikut ini 7 manfaat minum air putih di pagi hari :
  1. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah
    Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah didalam tubuh.
  2. Selalu Tampil Awet Muda
    Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif untuk membuang dan membersihkan racun yang berada di darah, melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.
  3. Penyeimbang Sistem Getah Bening
    Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang dimiliki.
  4. Memperlancar Buang Air Besar
    Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur sangat dianjurkan yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.
  5. Mengontrol Berat Badan Tubuh
    Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi kamu yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.
  6. Miliki Usus Besar Yang Sehat
    Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. Tentu akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik.
  7. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat
    Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal. 
Sedikit kutipan Hadist mengenai tata cara minum maupun makan :

Ibnu Umar radhiyallahu 'anh,. mengatakan, Rosululloh shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Apabila kamu makan-minum, makan-minumlah dengan tangan kanan.
Hanya setan yang makan-minum dengan tangan kiri." (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »