Apa itu Cegukan?

Cegukan adalah suatu peristiwa yang mungkin sering kita alami. Cegukan bisa terjadi pada siapa saja. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga lansiapun bisa mengalami cegukan. Namun berdasarkan perhitungan, kebanyakan peristiwa cegukan sering dialami oleh laki-laki. Tapi apakah kamu tahu Apa itu Cegukan? Apakah ada macam-macamnya? pada kali penulis akan mencoba menjelaskan tentang pengertian cegukan dan macam-macam cegukan. Disimak ya!
cegukan
Cegukan
Pengertian cegukan

Cegukan (hiccups / hiccough) bahasa medisnya ialah singultus, singultus adalah kontraksi diafragma (terbatasnya rongga dada dengan rongga perut akibat dari otot di dasar paru-paru) karena mengalami kejang, kekejangan tersebut menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah sebuah suara. Cegukan pada umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Istilah Hiccups/hiccough muncul dari batuk yang berbunyi hik.. hik..(suara saat cegukan). Sedangkan Singultus, diambil dari bahasa latin singult yang berarti Penarikan nafasnya saat menangis tersedu-sedu.

Macam-Macam Cegukan
  1. Cegukan yang bersifat ringan 
    Jadi yang pertama ini ada Cegukan yang bersifat ringan, cegukan ini berlangsung hanya beberapa saat saja.  Cegukan ini terjadi akibat adanya  regangan pada lambung. Selain itu perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya),makan tergesa-gesa, makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol atau berkarbonasi, merokok terlalu banyak, atau mengalami stress juga menjadi sebab terjadinya cegukan ini.
  2. Cegukan yang bersifat menetap/permanen (persistance)
    Yang kedua ada Cegukan bersifat menetap/permanen (persistance), cegukan ini tejadi secara terus menerus,bukan hanya berhari – hari, tapi juga bisa berbulan – bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan.
Ternyata, ada fakta unik mengenai cegukan! The Guinness World Records mencatat rekor cegukan terlama, dipegang oleh Charles Osborne (1894-1991) dari Anthon, Iowa (Amerika Serikat). Cegukan tersebut dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi 40 kali per menit, melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990, dengan total waktu selama 68 tahun.

Baik, itulah pengertian dan macam-macam cegukan, semoga dengan kita paham akan apa itu cegukan maka kita bisa meminimalisir kejadian cegukan pada diri kita. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »