Apa itu Os?

Os merupakan singkatan yang belum banyak dipahami bagi mereka yang awam akan hal dunia digital. Mereka yang awam tidak mengetahui pada dasarnya bahwa komputer sebenarnya merupakan perpaduan antara Hardware atau perangkat keras dan Software atau perangkat lunak. Baiklah langsung saja kita bahas Apa itu Os?
 Apa itu Os?
OS (operating system)
OS (operating system)
Os; operating system atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Sistem operasi adalah komponen pengolah piranti lunak dasar atau software (essential component) yang tersistem sebagai pengelola sumber daya dari perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk berbagai aplikasi perangkat lunak (software). Sistem operasi merupakan suatu keberadaan yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem computer itu sendiri. Untuk lebih mudahnya Os ini berperan penting bagi jalannya suatu program tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Jika sistem dalam komputer terbagi dalam beberapa bagian, maka Sistem Operasi merupakan penghubung antara bagain hardware dan bagian software. Itu sebabnya jika peran Os atau Sistem Operasi ini sangat penting. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer dengan baik, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi dapat menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan Central Processor Unit (CPU) serta tidak saling mengganggu satu sama lainnya.

Secara Umum Sistem Operasi terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory.
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi.
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver, untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi atau Os hanya mengizinkan/dapat menjalankan satu aplikasi saja, tetapi dengan perkembangan teknologi dan jaman yang semakin modern sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan/dapat menjalankan beberapa aplikasi secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi atau Os seperti itu disebut dengan Multi-tasking Operating System. Tipe Os terbagi menjadi dua yang pertama sering disebut Desktop OS yakni sistem operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan yang kedua ialah Real-Time OS yakni sistem operasi yang sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali.

Sistem operasi utama yang digunakan pada Personal Computer (PC) atau computer yang dipakai pada umumnya adalah sebagai berikut.
  1. Family of Microsoft Windows
    Keluarga dari Microsoft Windows yang antara lain terdiri dari. Windows Desktop Environment (versi 1.x sampai dengan versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Windows Seven), dan yang terbaru ialah Windows 10 (Windows Ten).
  2. Family of Unix
    Yang kedua adalah Keluarga Unix. Unux merupakan Os atau Sistem operasi yang menggunakan antarmuka. Keluarga dari Unix ini sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS – Macintosh
    Sistem operasi untuk komputer ini merupakan pabrikan dari Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi in antara lain Mac OS X versi 10.4 (Tiger),  OS X Leopard (versi 10.5.x), OS X Snow Leopard (versi 10.6.x),  OS X Lion (versi 10.7.x), OS X Mountain Lion (versi 10.8.x), OS X Maverick (versi 10.09.x), OS X Yosemite (versi 10.10.x), OS X El Capitan (versi 10.11.x).
Itulah pembahasan kali ini mengenai apa itu os, yang penulis dapat dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa share yaa jika dirasa artikel ini sangat membantu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »