Cara Mengatasi Cegukan

Cegukan merupakan sesuatu yang sering dialami oleh manusia, mulai dari lansia, dewasa, remaja, anak-anak, balita hingga bayipun mengalami cegukan. Kebanyakan orang mengatakan bahwa cegukan terjadi disebabkan karena kadar mineral didalam tubuh berkurang atau istilahnya adalah kurang minum. Oleh karena itu, ketika kita sedang cegukan berbunyi hik, banyak orang yang menyarankan untuk minum air sebanyak-banyaknya baik itu air hangat atau air putih biasa.

Cegukan dalam bahasa inggris disebut hiccups atau hiccough, kata ini diambil dari bunyi hik atau suara dari mulut yang keluar ketika saat sedang cegukan. Sedangkan dalam bahasa medis dikenal sebagai singultus. Kata Singultus, diambil dari bahasa latin singult yang artinya penarikan nafas saat menangis tersedu-sedu. Cegukan sendiri diartikan sebagai kontraksi diafragma (otot di dasar paru-paru, yang membatasi rongga dada dengan rongga perut) yang mengalami kejang, kekejangan tersebut menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara. Kejang inilah yang membuat bunyi hik hik berulang-ulang setiap menitnya. Kontraksi seperti ini sama halnya dengan orang gagap yang sedang kesulitan berbicara. Seringkan kita melihat orang gagap juga melakukan pengulangan bunyi yang sama seperti itu.

Hal-hal yang menyebabkan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yaitu kebiasan makan dan minum kita yang suka terburu-buru, jadi pernafasan juga terganggu, ada juga yang disebabkan karena makan dan minum makanan yang panas dan dingin. Misalnya setelah minum teh panas, minum lagi es campur dalam waktu yang hampir bersamaan. Hal tersebut bisa mengganggu jalan kerja lambung yang stabil. Selain itu kebiasaan merokok berlebihan dan terlalu sering minum-minuman beralkohol atau berkarbonasi juga bisa dimasukkan ke dalam faktor penyebab cegukan, serta perubahan emosi yang mendadak.

Cegukan, sebuah penyakit yang kadang kala disepelekan oleh banyak orang. Penyakit ini memang tidak membahayakan, tapi cegukan berkepanjangan dan datangnya rutin di waktu tertentu, hal tersebut perlu dikhawatirkan karena bisa jadi cegukan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit lain. Seperti gejala gejala tumor di otak, gejala stroke, infeksi di susunan saraf pusat otak, adanya herpes di dada atau di dalam tubuh sehingga mengganggu saraf tepi, gangguan metabolic pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia, gangguan elektrolit kurang kalium, termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Gejala cegukan tetap atau permanen seperti yang dijelaskan sebelumnya pernah dialami oleh seorang yang bernama Charles Osborne berkebangsaan Amerika. Ia mendapat penghargaan dari The Guinness World Records sebagai manusia yang mempunyai cegukan terlama di dunia. Rekornya dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi cegukan 40 kali per menit, melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990 dengan total waktu selama 68 tahun.

Penderita seperti Charles tidak bisa disembuhkan seperti cara yang akan disampaikan Japanindo Cute Culture ini. Cegukan berat haruslah diperiksakan ke dokter spesialis atau dibawa ke rumah sakit terdekat. Untuk cegukan kecil seperti yang kita alami sebenarnya tidak perlu diobati, nanti juga biasanya hilang dengan sendirinya kira-kira dalam waktu 3 sampai 5 menit kemudian. Tapi kita saja yang tidak sabaran menunggu. Ya iyalah bayangkan saja disaat kita enak-enak ngobrol dengan teman, suara hik hik seperti kodok datang mengganggu. Bukan itu saja sih, ketika kita cegukan, pernafasan juga tidak stabil. Untuk itulah penulis akan mencoba berbagai cara agar cegukan bisa segera hilang.

 Cara Mengatasi Cegukan
cara mengatasi cegukan
Cara mengatasi cegukan
Cara mengatasi cegukan dicari oleh banyak orang, hal itu dikarenakan cegukan sangat mengganggu kenyamanan dan juga memalukan. Mengapa memalukan? Cegukan akan terasa memalukan ketika terjadi di tengah keramaian. Orang yang mengalami cegukan pun akan merasakan tidak nyaman pada tenggorokannya. Saat cegukan, tenggorokan dan otot perut akan menegang. Saat itu rasa tidak nyaman bisa muncul.

Cara mengatasi cegukan yang ringan, kita bisa menggunakan cara yang mudah dan simpel. Namun jika kamu mengalami cegukan yang belangsung dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya kamu mulai curiga dan segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini cara menghilangkan cegukan ringan di dalam tubuh :
  1. Mengatur NafasYa, Mengatur nafas bisa menghilangkan cegukan. Mengatur nafas bisa membuat pergantian oksigen dan juga karbondioksida bergantian masuk ke dalam tubuh. Caranya cukup mudah yakni tariklah nafas dalam-dalam bisa berkali-kali, lalu tahan nafas selama beberapa menit kemudian buanglah nafas secara perlahan-lahan.
  2. Tahan NafasYang selanjutnya ialah tahan nafas. Ya, menahan nafas adalah salah satu cara untuk menghilangkan cegukan. Menahan nafas bisa membuat cegukan berhenti karena kadar karbondioksida (CO2) di dalam tubuh meningkat tajam. Caranya dengan Minum air hangat hingga rongga mulut terpenuhi. Lalu membungkuk. Lalu tahan nafas dengan menutup hidung menggunakan jari tangan. Kemuadian ubah posisi menjadi tegak kembali, saat mencoba berdiri sambil diikuti menelan air tersebut sedikit demi sedikit.
  3. Air Hangat atau air biasaMeminum air hangat saat cegukan bisa menghilangkan cegukan. Mengapa begitu? Hal itu dikarenakan air hangat bisa memperlancar peredaran darah dan juga oksigen di dalam tubuh. Cara menghilangkan cegukan menggunakan air hangat adalah sebagai berikut: Minum air hangat lalu tarik nafas dalam-dalam. Tampung nafas menggunakan kantong plastik maupun kantong kertas. Pastikan hidung dan mulut juga masuk ke dalam kantong itu. Cara itu bisa meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh. Menurunnya CO2 bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.
  4. Tidur Dengan Posisi Tubuh TerbalikTidur dengan melakukan kondisi tubuh terbalik, yaitu kaki diatas dan kepala di bawah membuat cegukan berhenti. Hal itu dikarenakan saat posisi tubuh terbalik peredaran darah akan lancar begitu pula dengan peredaran oksigen ke diafragma.
  5. Tidur Dengan Menekuk Kedua LututTidur dengan menekuk kedua lutut ini bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan. Hal ini dikarenakan cara tersebut bisa meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh. Caranyacukup mudah yakni tidur berbaring, kemudian kedua lutut ditekuk ke perut. Lakukan selama berulang-ulang hingga cegukan mulai hilang.
  6. Gula BatuDengan cara mengemut gula batu atau bisa digantikan dengan sesendok gula pasir bisa menghilangkan cegukan. Kandungan gula yang ada dalam gula batu dan juga gula pasir bisa merangsang otot diafragma. Otot diafragma yang terangsang bisa menyebabkan diafragma bisa berkontraksi dengan teratur.
  7. Es BatuCara menghilangkan cegukan dengan es batu sangat mudah yaitu dengan mengusapkan bongkahan es batu ke dagu dan juga meminum tetesan-tetesan es yang dihasilkan. Yang menjadi perhatian adalah jangan menelan bongkahan es batu saat masih cegukan. Es batu bisa mengganggu saluran pernafasan.
  8. Jeruk NipisKandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa menghilangkan gangguan pada impuls di syaraf vagus sehingga bisa menghilangkan cegukan. Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan, caranya cukup mudah adalah dengan mengiris jeruk nipis dan kemudian mengunyahnya.
  9. Selai KacangSelai kacang juga bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan. Caranya juga terbilang mudah yakni dengan menggunakan satu sendok selai kacang kemudian dimakan. Selai kacang bermanfaat untuk mengubah irama dalam pernafasan karena kandungan kacang yang ada dalam selai kacang tersebut.
  10. Minyak Kayu PutihRasa panas dari minyak kayu putih bisa menghilangkan cegukan pada tubuh seseorang. Kayu putih mengandung minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan cegukan. Caranyapun sangat mudah yakni dengan mengoleskan minyak kayu putih ke bagian leher dan juga bagian perut.
Namun Bagaimana Jika Cegukan Tak Kunjung Berhenti?

Hal yang harus diwaspadai adalah jika cegukan terus menerus terjadi. Cegukan yang tidak kunjung berhenti bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang serius. Untuk memeriksakan kondisi kesehatan, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter THT. Dokter THT akan memeriksa gangguan yang terjadi di dalam tubuh kamu sehingga bisa diketahui apa yang menyebabkan cegukan pada diri kamu. Semakin cepat diketahui akan semakin baik.

Itulah Cara Mengatasi Cegukan, cukup mudah bukan? Artikel ini penulis tulis berdasarkan dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya jika kamu mengalami cegukan, kamu dapat mengatasinya dengan mudah. Share juga ya biar yang lain tahu!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »