Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Efektif

Cara mengatasi susah tidur secara efektif – Manusia merupakan makhluk hidup yang memang pada hakikatnya makhluk hidup membutuhkan istirahat. Tidur merupakan salah satu cara untuk beristirahat. Dengan tidur badan kita akan rileks dan meregenerasi kembali tenaga yang telah digunakan pada saat beraktivitas sehari-hari. Tidur dengan nyenyak merupakan dambaan semua orang. Namun bagaimana jika ternyata seseorang justru malah terganggu dalam tidurnya. Ia justru insomnia atau susah untuk tidur di malam hari. Keadaan seperti itu tentu harus segera diatasi. Karena dikhawatirkan kedepannya malah akan menimbulkan masalah-masalah lainnya pada tubuh.

Penyebab Susah Tidur

Susah tidur atau insomnia adalah gangguan psikis meskipun faktor fisik juga berpengaruh. Denagn kata lain penyakit insomnia ini merupakan ketidakmampuan seseorang untuk tidur dalam periode yang seharusnya, di saat kebanyakan orang biasa tidur dengan lelap di malam hari. Penyebab susah tidur atau insomnia ada banyak hal. Stress merupakan salah satu hal penyebab susahnya tidur, juga hal lainnya seperti tertekan karena banyak pikiran, atau mungkin kondisi udara yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau terlalu dingin juga dapat menyebabkan susah tidur. Untuk lebih jelasnya berikut ini penyebab susah tidur.

Apa sih penyebab yang membuat kamu susah untuk tidur. Cobalah kamu cari sebab mengapa kamu susah untuk tidur? Dengan mengetahui sebabnya tentu kamu bisa menemukan solusinya dengan mudah. Misalkan penyebabnya karena stress memikirkan masalah pekerjaan di kantor maka solusinya adalah dengan menenangkan diri kamu terlebih dahulu. Bagi kamu seorang muslim, kamu bisa mengambil air wudhu kemudian shalat dua rakaat lalu berzikir sebelum kamu tidur. Pikirkanlah solusi dari masalah kamu bukan memikirkan masalahnya tapi carilah solusinya. Sehingga dengan begitu stress yang kamu alami sedikit demi sedikit memudar. Namun jika kamu mengalami insomnia atau gangguan susah tidur disebabkan karena cuaca yang kurang mendukung misalkan karena cuaca panas, lalu kamu bisa memasang kipas angin. Atau jika karena terlalu dingin, kamu bisa menggunakan selimut atau jaket.

 Cara Mengatasi Susah Tidur
Mengatasi susah tidur
  1. Melakukan aktivitas olahraga yang konsisten dan teratur
  2. Hindari jenis makanan dan minuman dengan berlebihan saat hendak akan tidur
  3. Usahakan buat nyaman tempat tidur dan perbaiki posisi tidur anda sesantai dan serileks mungkin.
  4. Bersihkan lingkungan tempat tidur, ini bertujuan agar tidur kamu juga rileks dan nyaman
  5. Badan yang kurang segar setelah seharian bekerja tentu akan membuat kamu tidak nyaman menjelang tidur. Maka dari itu mandilah setelah kamu seharian beraktivitas sebelum tidur. Bisa menggunakan air hangat ketika mandi.
Demikianlah cara mengatasi susah tidur secara efektif yang tentunya bisa kamu coba terapkan di kehidupan kamu. Semoga tulisan ini sedikit bisa membantu permasalahan yang kamu alami saat akan menjelang tidur. Jangan lupa share yaa! Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »