Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan permasalahan wajah yang sering kebanyakan orang alami. Apalagi pada masa-masa puber seorang remaja. Selain masalah pada saat jerawat tumbuh di area wajah kamu, bekas jerawat yang ada pada muka kamupun mungkin menjadi pengingat, dimana bekas jerawat tersebut mengingatkan dibagian sebelah mana kamu pernah berjerawat. Permasalahan jerawat seringkali dikeluhkan banyak orang  Mengapa begitu? Sebab selain jerawatnya sendiri yang mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, bekas jerawatnya pun seringkali meninggalkan bekas tertentu bahkan flek hitam yang membandel. Tentu saja apabila flek hitam ini tidak segera dihilangkan maka akan membuat penampilan wajah seperti kusam dan menjadikan kamu kurang percaya diri. Ya Gak?

Jika hal ini terjadi pada wajah kamu atau kebanyakan orang lainnya tak ayal berbagai macam carapun ditempuh agar flek hitam bekas jerawat menghilang, mulai dari menggunakan obat-obatan pembersih muka bahkan sampai operasi. Namun, cara tersebut tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit, belum lagi jika memiliki efek samping. Maka dari itu cara alami juga umumnya digunakan sebagai alternatif selain pengobatan medis dalam menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat lainnya pada muka.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami
bopeng hitam bekas jerawat
Bopeng hitam bekas jerawat
Cara menghilangkan noda flek hitam bekas jerawat kamu tidak perlu khawatir, sebenarnya bekas jerawat ini tidak akan permanen bila kamu mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam tersebut sehingga dalam waktu tertentu bekas jerawat dan flek hitam dapat hilang dengan segera. Tentu saja penggunaanya harus konsisten, karena tidak mungkin dapat hilang dalam beberapa jam atau beberapa hari saja.

Mengilangkan flek hitam bekas jerawat merupakan solusi permasalahan umum yang banyak dicari oleh penderita jerawat. Bekas jerawat ada berbagai macam mulai dari noda atau flek hitam, bopeng bekas jerawat, dan terkadang bintik-bintik merah. Aneka bekas jerawat yang muncul setelah jerawat sembuh bisa diakibatkan oleh penanganan yang salah mulai dari menekan jerawat dengan kuku atau alat dan lain sebagainya. Seharusnya jika dibiarkan saja tanpa disentuh dan ditangani secara benar maka tidak akan meninggalkan bekas yang parah seperti bopeng yang dan lubang-lubang pada kulit yang biasanya ditimbulkan oleh jerawat batu. Untuk itu penyebab jerawat serta cara penanganan yang benar juga wajib diketahui bagi mereka yang menderita jerawat.

Jika jerawat saja dapat menimbulkan kurangnya rasa percaya diri bagaimana jika bekasnya yang berupa noda dan flek hitam yang membandel? Tentu akan membuat sebagian penderita merasa kurang nyaman dan kebanyakan mereka menyamarkannya menggunakan kosmetik. Cara ini bisa dipakai namun tidak akan menyembuhkan secara permanen tetapi hanya sementara, oleh karenanya penulis akan mengulas bagaimana cara mengatasi noda hitam bekas jerawat pada wajah secara alami aman, dan tentunya tidak beresiko.

Selain dengan perawatan medis, dan obat dari apotik, Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional untuk menghilangkan bekas jerawat ini. Seperti yang dikutip dari bebasjerawatan, dibawah ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional, yang tentunya aman dan tek beresiko.
  1. Air Perasan LemonYang pertama, salahsatu pengobatan yang dipercaya baik untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu menggunakan air perasan lemon.

    Caranya ialah :
    1. Buah lemon yang segar.
    2. Peras buah lemon tersebut, lalu tambahkan sekitar satu cup air.
    3. Oleskan selama kurang lebih 3-4 menit pada area bekas jerawat.

    Dengan melakukan cara di atas secara konsisten, tentunya akan bermanfaat unuk menghilangkan kulit mati dan akan mendorong terjadinya pertumbuhan sel kulit baru yang pada akhirnya bekas jerawat pada muka kamu lama-kelamaan akan memudar.

    Cara lainnya yang bisa Kamu lakukan :
    Kamu bisa menggunakan handuk bersih kemudian celupkan pada campuran air lemon ini, kemudian tempelkan handuk tersebut pada bagian kulit yang area wajah kamu.
    Setelah melakukan cara ini, pastikan Kamu selalu melembabkan kulit wajah kamu kembali, karena air lemon ini dapat mengiritasi kulit yang kering.
  2. Lidah BuayaLidah buaya atau dikenal juga dengan nama aloe vera sudah lama dikenal dalam bidang kosmetika sebagai bahan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Lidah buaya dapat menyamarkan bekas jerawat dalam waktu tertentu jika digunakan dengan benar. Walaupun sekarang sudah beredar banyak gel lidah buaya, namun Kamu lebih disarankan untuk memiliki tanaman lidah buaya ini.
    Baik, apabila menggunakan lidah buaya lebih baik langsung dari tanamannya.

    Caranya yaitu:
    1. Ambil daun lidah buaya secukupnya.
    2. Ambil gelnya saja. Ingat jangan sampai ada getah lidah buaya tercampur karena akan menyebabkan gatal.
    3. Ambil gelnya kemudian oleskan pada wajah.
    4. Biarkan hingga beberapa puluh menit.
    5. Kemudian cuci wajah Kamu sampai bersih.

    Kamu bisa menggunakan lidah buaya ini rutin setiap harinya, namun tentu harus hati-hati terhadap getahnya tersebut.
  3. Pepaya MudaPepaya merupakan salahsatu buah yang cukup banyak memiliki nutrisi. Kamu bisa menggunakan pepaya yang masih muda untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya?

    Caranya cukup mudah:
    1. Kamu bisa membuat jus dari campuran pepaya
    2. Celupkan kapas pada jus lalu
    3. Oleskan pada bagian jerawat dan biarkan hingga mengering untuk beberapa menit
    4. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci wajah kamu hingga bersih.
  4. MaduSelanjutnya menggunakan madu, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk diantaranya adalah masalah pada jerawat. Tak hanya dapat mengobati bekas jerawatnya saja namun jerawatnya sendiri juga bisa disembuhkan dengan menggunakan madu. Sifat lembut madu pada kulit dapat mengurangi kemerahan dan juga iritasi yang terjadi pada kulit. Selain itu kandungan anti-nakteri pada madu dapat memudarkan bekas luka akbiat dari jerawat beserta noda gelapnya. Ditambah lagi madu bisa melembabkan kulit dan menjadikan kulit lebih lembut.

    Caranya mudah sekali dengan menggunakan sedikit madu yang dioleskan langsung pada bagian kulit bekas jerawat pada malam hari, kemudian di pagi hari kamu bisa membersihkannya.
  5. Minyak Rose HipApa itu rose hip? Rose hip merupakan buah dari beberapa jenis bunga mawar. Minyak ini memiliki kandungan vitamin dan anti-oksidan yang baik untuk menjaga kulit agar tetap halus dan sehat. Walaupun masih dalam tahap evaluasi, penggunaan minyak rose hip ini sudah terbukti efektif dalam menghilangkan bekas luka, memperbaiki bekas jerawat dan noda hitam yang ada pada kulit. Apabila digunakan secara teratur, noda dan juga bekas luka dalam tempo tertentu akan memudar dan menjadi tersamar. Kamu bisa menggunakan minyak rose hip ini dengan cara memijat lembut pada bagian kulit bekas luka dengan rutin satu-dua kali dalam sehari.
  6. Minyak ZaitunBahan alami dan tradisional yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah minyak zaitun. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat menjadi penyembuh alami. Cara penggunaanyapun cukup mudah yakni cukup dengan memijatkan minyak zaitun pada bagian bekas luka akibat jerawat, Kamu bisa menggunakannya beberapa kali setiap harinya.
  7. Minyak Vitamin EPerawatan yang efektif dalam menghilangkan jerawat salahsatunya adalah minyak vitamin E yang memiliki sifat yang dapat melebabkan dan cukup luar biasa. Minyak vitamin e dapat kamu gunakan pada kulit 2 s/d 3 kali dalam sehari dan lihat hasilnya dalam waktu 2 minggu.
  8. Minyak KelapaSalahsatu bahan alai lain yang bisa digunakan untuk mengurangi bekas jerawat adalah minyak kelapa. Kandungan minyak kelapa diantaranya asam laurat, asam kaprat dan kaprilat mampu menyamarkan bekas luka akibat jerawat. Selain itu bekas jerawat baru juga dapat dicegah menggunakan minyak kelapa ni. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat ini dengan cara memijatkan minyak kelapa pada area yang memiliki bekas luka minimal satu hari sekali, dan maksimal dua sampai empat kali dalam sehari.
  9. Es BatuBekas jerawat yang baru saja meradang bisa menggunakan es batu agar jerawat tidak mengalami pembengkakan dan pengecilan pada pembuluh darah. Selain itu, es batu juga bisa membantu dalam mengurangi bekas luka ringan dan noda hitam yang diakibatkan oleh jerawat.

    Cara penggunaannya cukup mudah yakni:
    1. Bungkus es batu dalam tisu atau kain.
    2. Kemudian gosokan pada area yang mulai meradang.
    3. Diamkan kurang lebih 15 s/d 20 menit.

    Ya, kamu bisa gunakan cara di atas selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit setiap harinya.
  10. Baking SodaKamu bisa menggunakan baking soda untuk menyamarkan bekas jerawat, namun tentu harus hati-hati karena mungkin kulit kamu cukup sensitif maka lebih dianjurkan menggunakan cara lain. Tetapi, jika ingin mencobanya, kamu bisa menggunakan campuran baking soda dengan campuran air hingga kekentalannya seperti pasta, lalu oleskan pada bagian wajah kamu. Menggunakan baking soda bisa menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan juga bisa membuat bekas luka pada wajah kamu akan tersamar dari waktu-kewaktu.
  11. TimunTimun bisa membantu dalam mengurangi dari bekas luka. Selain dapat mencerahkan bekas luka yang terdapat pada kulit namun timun juga memberikan efek relaksasi. Kandungan vitamin A, C dan magnesium yang ada didalam timun juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan jus timun sebagai toner atau bisa juga dengan meletakan irisan timun selama 30 menit untuk mengobati bekas luka yang terjadi pada kulit kamu. Lalu bilas menggunakan air dingin.
  12. Teh HijauTeh Hjiau merupakan salahsatu bahan alami yang memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah.

    Caranya ialah:
    1. Ambil air hangat kedalam cangkir
    2. Celupkan teh hijau kedalamnya
    3. Setelah itu, ambil kapas dan celupan
    4. Kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat atau bekas jerawat dan biarkan kering selama beberapa menit
    5. Lalu cuci wajah kamu dengan air hingga bersih.
  13. KentangVitamin dan mineral yang terkandung dalam kentang adalah sumber yang potensial untuk mendapatkan kulit yang sehat. Iris tipis kentang lalu bisa diletakan pada bagian bekas jerawat. Setelah itu kamu bisa bilas dengan menggunakan air hangat.
  14. Masker AspirinAspirin mempunyai sifat anti-inflamasi dan juga kandungan asam salisilat yang banyak dimanfaatkan untuk perawatan untuk jerawat. Manfaat dari masker aspirin ini yaitu untuk melembutkan kulit dan juga mengurangi perubahan warna kulit yang bisa menjadi lebih gelap.

    Cara membuat masker aspirin:
    1. Hancurkan 4 s/d 5 tablet aspirin hingga menjadi bubuk
    2. Kemudian campurkan dengan yoghurt alami atau bisa juga dengan gel lidah buaya yang masih murni
    3. Oleskan masker tersebut pada bagian wajah kamu
    4. Biarkan selama kurang lebih 15 menit
    5. Setalahnya, jangan lupa cuci hingga bersih menggunakan air hangat

    Perlu diketahui bahwa ini tidak dianjurkan bagi orang yang alergi dengan aspirin, lebih baik gunakan cara lainnya jika memang kamu memiliki alergi dengan aspirin.
Demikian 14 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami menggunakan bahan tradisional dan bahan lainnya yang mudah untuk didapat disekitar kita. Namun tentu saja bahan-bahan alami lebih dianjurkan untuk digunakan sebab selain mudah didapat dan harganya murah, bahan alami cukup efektif untuk menyamarkan noda akibat dari bekas jerawat yang agak sulit dihilangkan. Sekian artikel yang kita bahas kali ini, semoga bermanfaat ya guys. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »