Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Penyebab munculnya jerawat pada wajah
Penyebab munculnya jerawat pada wajah
Penyebab munculnya jerawat pada wajah sangat penting untuk diketahui sebagai bentuk antisipasi kita dalam melakukan pencegahan terhadap jerawat. Jerawat tentunya sudah tak asing lagi bagi kita, apalagi dikalangan wanita. Wanita sangat sensitif sekali terhadap jerawat. apabila jerawat sudah tumbuh wah bisa uring – uringan, marah - marah itu baru tumbuh satu jerawat, apalagi banyak jerawat.

Jerawat atau disebut juga acne vulgaris yang merupakan masalah klasik kulit wajah. Jerawat memang telah menjadi masalah umum bagi remaja bahkan orang tua yang dirasa sangat mengganggu dan menurunkan  rasa percaya diri. Sebenarnya guys tumbuh sebuah jerawat itu merupakan hal yang alami. Jadi gak perlu malu ataupun marah-marah, ya meskipun faktanya jerawat itu memang menurunkan rasa percaya diri.

Seperti dalam istilah lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan tahu sebab-sebab munculnya jerawat kita dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahan sehingga bisa menghindarinya atau paling tidak dapat melakukan penanganan dengan benar. Kira-kira apa saja ya penyebab jerawat itu? Berikut akan penulis bahas beberapa sebab yang mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah kamu.

Penyebab munculnya jerawat pada wajah
  1. Produksi Minyak Berlebih
    produksi minyak berlebih
    Produksi minyak berlebih
    Jerawat tidak selamanya timbul karena kita kurang menjaga kebersihan wajah, namun munculnya jerawat dapat dipengaruhi faktor internal. Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah tumpukan minyak, hormon, atau bisa juga sisa  sabun bekas mandi  yang berkolaborasi dengan bakteri pada kulit wajah.
  2. Bakteri
    Bakteri P. Acne
    Bakteri P. Acne
    Ya, yang kedua  penyebabnya ialah bakteri. Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri ini disebut p. acne biasanya terdapat pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan iritasi didaerah sekitarnya. Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Inilah salah satu penyebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.
  3. Sel-Sel Kulit Mati
    sel-sel kulit mati
    Sel-sel kulit mati
    Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, namun jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan atas, dada bahkan kulit kepala.
  4. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut
    kurang menjaga kebersihan rambut
    Kurang menjaga kebersihan rambut
    Aneh ya, apa hubungannya jerawat dengan rambut, jerawat diwajah sedangkan rambut di kepala atau kulit kepala. Jadi gini guys, ternyata rambut memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut. Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat bisa sangat membandel dan sulit dihilangkan meski melakukan penanganan dengan benar.
  5. Mengkonsumsi Minuman Bersoda
    mengkonsumsi minuman bersoda
    Mengkonsumsi minuman bersoda
    Penyebab munculnya jerawat tidak juga disebabkan oleh kelebihannya produksi minyak ataupun karena kurangnya menjaga kebersihan rambut. Meminum minuman bersoda memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya bisa memicu timbulnya jerawat. Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi.
  6. Faktor Hormon
    faktor hormon
    Faktor Hormon
    Yang selanjutnya ialah Faktor Hormon. Hormon menjadi penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah apalagi pada usia remaja. Jerawat pada umumnya mulai muncul pada usia 10 hingga mencapai 15 tahun yang kemudian akan mulai menghilang ketika menginjak usia 25 tahun, tetapi juga sebagian besar orang juga ada yang sampai usia 40 hingga 50 tahun dengan prosentase sekitar 7%. Umumnya wanita memiliki resiko yang tinggi terkena jerawat pada 2-7 hari sebelum menstruasi, pasien memakai obat-obat jenis tertentu seperti steroid, kortison, estrogen, testosteron dan feniton serta pada wanita yang sedang hamil.
  7. Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit
    Adanya friksi atau tekanan pada kulit
    Adanya friksi atau tekanan pada kulit
    Berikutnya ialah Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit. Ya, jerawat juga bisa dipicu oleh tekanan pada kulit seperti helm, kerah baju, ponsel, dan berbagai macam benda lainnya yang tanpa kita sadari hal tersebut dapat menimbulkan jerawat. Selain dari tekanan pada kulit bakteri atau benda-benda yang menempel tadi jika tidak bersih merupakan pemicu utamanya.
  8. Alergi Makanan dan Minuman
    Alergi makanan dan minuman
    Alergi makanan dan minuman
    Yang terakhir ini ialah Alergi Makanan dan Minuman. Alergi terhadap makanan dan minuman tertentu seperti contohnya makanan laut, susu dan lain sebagainya. Makanan-makanan lain yang juga dapat memicu terjadinya jerawat adalah makanan yang memiliki jumlah Vitaman A yang tinggi, Vitamin E yang rendah serta terlalu banyak mengandung Karbohidrat.
Untuk lebih singkatnya, Inilah Macam-macam Penyebab Munculnya Jerawat yang Umum:
  • Kurangnya mengkonsumsi air putih
  • Kurangnya menjaga kebersihan kulit
  • Terlalu banyak beban pikiran atau stress
  • Alergi pada zat kimia yang terkandung di dalam kosmetik
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Memegang dan memencet jerawat
  • Kurang menjaga kebersihan wajah dengan cuci muka yang rutin
  • Menggaruk wajah yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit
  • Akibat kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Akibat polusi udara yang kotor
  • Aktivitas hormon ataupun akibat penurunan hormon pada wanita
  • Jika pada laki-laki akibat dari hormon testosteron
  • Bakteri yang menginfeksi melalui pori-pori wajah
  • Penyumbatan pada pori-pori wajah karena sel kulit mati
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok
  • Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dan Vitamin B
  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung
  • Rambut kotor yang menempel pada wajah
  • Karena darah kotor
  • Terlalu banyak mengkonsumsi coklat
  • Faktor Usia
  • Akibat mengkonsumsi pil KB
  • Anabolic Steroid
Nah demikianlah beberapa faktor-faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah. Oh iya guys ternyata jerawat tidak selalu muncul pada wajah melainkan juga pada dada, punggung atau bagian-bagian lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini bisa mencegah atau meminimalisir agar jerawat tidak lagi muncul pada wajah kamu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »