Cara Mudah Mengatasi Website Yang Sudah SSL (HTTPS) Tetapi Muncul Tanda Seru (Your Connection to this site is not fully secure)

Inilah Cara Mudah Mengatasi Website Yang Sudah SSL (HTTPS) Tetapi Muncul Tanda Seru (Your Connection to this site is not fully secure)
Your connection to this site is not fully secure
Your connection to this site is not fully secure
Awal mula ketika saya membuat sebuah blog yang dicustom domain, lalu dipasanglah SSL atau biasa di kenal dengan HTTPS. Sebenarya blognya dibuat sudah lama, namun baru-baru ini saya ingin mengaktifkan dengan domain TLD. Nah, setelah domain aktif dan dipasangi SSL, saya mengeceknya, mulai dari halaman awal blog, hingga seluruh postingan artikelnnya, untuk halaman awal blog terlihat sudah aktif bacaan https dengan warna hijau, plus terdapat logo gembok dibarengi bacaan secure yang berarti aman.
Disamping link tertera bacaan secure dengan logo gembok berwarna hijau 
Namun ketika mengecek salah satu postingan artikel, tiba-tiba munculah suatu masalah yakni logo gembok dan bacaan secure hilang serta warna dari https menjadi abu-abu, dan yang muncul menjadi sebuah tanda seru disamping nama domain website dan ketika diklik tertera bacaan "Your connection to this site is not fully secure".
Your connection to this site is not fully secure
Your connection to this site is not fully secure
Perasaan was-was dan penasaran pun tak bisa di elakan, loh kok ini jadi gini? kok bisa seperti ini? apa yang salah? bagaimana cara mengatasinya ya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu saya lontarkan yang mungkin dilontarkan kamu juga saat mengalami masalah yang sama seperti ini.

Baik berdasarkan pengalaman, saya akan coba memberikan solusi atau cara mudah mengatasi website yang sudah SSL (HTTPS) Tetapi Muncul Tanda Seru (Your Connection to this site is not funny secure).

Jadi begini, masalah tersebut bisa muncul karena terdapat mixed content atau konten capuran dalam blog kita, kenapa bisa bercampur? itu karena yang tadinya alamat blog atau website http dirubah manjadi https. Dan itu merupakan salah satu penyebabnya.

Solusi yang pertama adalah dengan mengganti gambar yang tertera pada postingan artikel. Artian mengganti gambar disini bukan gambar 1 diganti jadi gambar 2, melainkan ganti gambar yang pada awalnya kita masukan ke artikel melalui link gambar tersebut, menjadi upload dari komputer kita. Maksudnya jangan kamu masukan gambar melalui linknya, tetapi kamu harus download terlebih dahulu gambar itu lalu upload ke dalam artikelnya. Pahamkan? atau belum? jika belum, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar.

Mengapa cara tersebut bisa mengatasi masalah utama tadi? menurut saya, sumber alamat dari gambar bisa jadi belum di index oleh google, sehingga menyebabkan link yang tadinya secure menjadi not fully secure.

Solusi kedua yakni merubah seluruh alamat dari http ke https ataupun sebaliknya, jika blog atau website kamu http maka rubahlah https ke http, tetapi jika blog atau website kamu https maka rubahlah http menjadi https. Cara rubahnya bagaimana? Kamu bisa pergi ke theme atau template, kemudian edit html. Lalu cari teks http/https, cara singkatnya pencet (CTRL+F) ketikan http/https kemudian enter kemudian rubah jika sudah save theme/simpan template. Tinggal cek apakah berhasil atau tidak.

Itulah dua cara singkat mengatasi website yang sudah SSL (HTTPS) tetapi muncul tanda seru (Your Connection to this site is not funny secure). Dan apabila cara diatas tidak berhasil maka mohon memaklumi saya, karna cara diatas merupakan cara yang saya lakukan berdasarkan pengalaman trial and error.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »