Inilah Akibat Yang Akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Image via darakchi.uz
Mungkin jika kebanyakan dari kita belum banyak mengetahui, apa sih akibatnya jika planet Bumi yang kita diami ini mengalami suatu peristiwa langka, seperti berhenti berotasi atau berputar pada porosnya?

Sejatinya mengutip dari Bobo.id (27/02/2018), Bumi tidak akan pernah berhenti berotasi atau berputar pada porosnya secara mendadak. Setidaknya untuk milyaran tahun kedepan. Namun, alangkah baiknya kita coba mengilangkan rasa penasaran kita, apa sih akibatnya yang akan terjadi jika bumi berhenti berputar?

Kita ibaratkan sedang berolahraga, yakni bersepeda. Ketika sedang asyik-asyiknya mengayuh sepeda dengan rileks dan santai, tiba-tiba ada seekor kucing yang melintas di depan kita, yang menyebabkan kita mengerem secara kuat dan mendadak. Lalu apa yang terjadi? Pasti tubuh kita yang tadinya rileks akan tersentak, atau bahkan jungkir balik.

Nah, kurang lebih sama seperti itulah hal yang akan terjadi jika bumi tiba-tiba berhenti berputar pada porosnya secara mendadak. Semua isi Bumi akan tergoncang dan terlempar jauh.

Image via arrahmah.com
Laut akan menguap, bangunan akan runtuh, hingga angin atmosfer bertiup kencang menyapu permukaan Bumi. Selain itu, Ketika Bumi berotasi, akan terjadi siang dan malam. Matahari juga akan berada pada posisi yang sama di Bumi setiap 24 jam.

Maka jika Bumi berhenti berputar, 365 hari merupakan waktu bagi Matahari untuk terbit dan tenggelam. Itu artinya, Bumi akan mengalami siang selama setengah tahun dan belahan Bumi lainnya akan mengalami malam selama setengah tahun pula.

Image via lubanlab.org
Dengan begitu belahan Bumi yang mengalami siang yang panjang, akan kepanasan, dan belahan Bumi yang mengalami malam yang panjang akan kedinginan. Sehingga dengan suhu yang dingin atau panas yang berlangsung terlalu lama, kebanyak hewan dan tumbuhan akan sulit beradaptasi. Tentu akibatnya mereka bisa mati.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »