Jakarta Diprediksi Menjadi Kota Paling Cepat Tenggelam, Dibanding Kota Lainnya Di Dunia

Image via internasional.kompas.com
Membahas kota Jakarta memang seakan tidak akan ada habisnya. Capital City of Indonesia atau Ibu Kota Indonesia ini merupakan kota metropolitan dengan segala hiruk pikuknya.

Kota Jakarta kini, dilingkupi berbagai macam masalah yang memang belum selesai. Mulai dari kemacetan yang makin hari makin ruwet, hingga ketimpangan sosial dan ekonomi.

Berbeda lagi dengan perkara banjir yang memang semua orang tahu bahwa Jakarta menjadi salah satu kota langganan banjir.

Namun, kini Jakarta bahkan Indonesia dihadapkan pada masalah serius yakni menjadi kota yang paling cepat tenggelam di dunia. Yang berarti Ibu Kota negara kita ini menjadi yang duluan tenggelam dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia, bahkan dunia.
Perbandingan peta Jakarta dari tahun ke tahun. Image via nytimes.com
Sebagai kota yang diprediksi tenggelam tentu Jakarta tidak sendirian. Berbagai kota di belahan dunia sana pun sama. Sebut saja seperti Tokyo, Bangkok, Shanghai, dan Mexico City diprediksikan tenggelam, namun jika diperhitungkan siapa yang paling parah masih tetap Jakarta.

Berikut data hasil rangkuman yang melansir dari msn.com (21/02/2018);

Jakarta: diperkirakan tenggelam sedalam 25 cm per tahunnya.
Tokyo: sampai 1960-an silam, Tokyo sudah tenggelam sedalam kira-kira 10 cm per tahun. Namun, setelah tahun 1960 dan setelah pemerintahnya menerapkan kebijakan terkait masalah itu, angkanya turun jadi cuma 1,2 cm per tahun.
Bangkok: Ibukota Thailand ini dilaporkan mengalami penurunan daratan sebesar 1-2 cm per tahunnya.
Shanghai: 100 tahun terakhir ini, Shanghai kabarnya sudah tenggelam sebesar 2,5 meter.
Mexico City: kalau kota ini tiap tahunnya tenggelam sebesar 6,35 cm.
Image via vice.com
Namun, dari sekian banyak masalah tadi terutama banjir yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Jakarta menjadi kota yang paling duluan tenggelam. Pemerintah tentu tak tinggal diam, segala upaya pun pasti dilakukan untuk menghindari ataupun memperlambat suatu hal buruk yang nantinya bakalan terjadi itu.

Kita sebagai masyarakat tentu hanya tinggal mendukung pemerintah atas apa yang mereka upayakan demi kebaikan bersama. Namun, hal yang paling penting sekuat dan sekeras apapun usaha pemerintah, akan sia-sia jika kita tidak bisa merubah kebiasan-kebiasa buruk kita, yang justru membuat semakin parah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »