Bagaimana Cara Orang Mengetahui Luas Indonesia?

bagaimana cara orang mengetahui luas indonesia
Bagaimana cara orang mengetahui luas Indonesia?
Bagaimana cara orang-orang mengetahui luas negara Indonesia? Kamu atau bahkan semua orang pasti pernah mengalami perjalanan ke suatu tempat, baik itu perjalanan saat liburan ataupun keperluan lainnya.

Nah, pada saat di perjalanan pasti suka merasa aneh kok ini perjalanan gak sampe-sampe ya. Hingga kita pun sadar bahwa negara kita ini ternyata sangat luas. Menurut penelitian bahkan luas negara Indonesia ini baik daratan maupun lautannya bisa menutupi setengah dari daratan benua Eropa.

Dengan begitu, munculah pertanyaan baru, sebenarnya gimana sih cara orang bisa mengetahu luas Indonesia?

Ternyata jawabannya adalah melalui peta, iya dengan peta lah orang bisa tahu luas Indonesia. Tapi kita pun harus ingat bahwa sebenarnya ada lembah, bukit, hingga gunung yang bentuknya tidak datar.

Karena hal itu maka ada ilmu proyeksi yang memetakan titik-titik di muka bumi ini dan kemudian menghitung luas bidangnya. Tapi mungkin kamu masih belum paham, ok silahkan lanjutkan membacanya.

Pada zaman dahulu, sebenarnya peta Indonesia sudah banyak yang membuat. Namun, dari semua peta itu, muncul suatu permasalahan besar yang tidak banyak orang mengetahuinya, yakni banyak peta yang dibuat banyak pula ukuran yang berbeda satu sama lainnya.

Mungkin hal tersebut bukan suatu masalah besar bagi sebagian orang termasuk kamu, karena cuma beda beberapa meter saja. Tapi faktanya ini merupakan suatu masalah besar yang bisa menyebabkan konflik, seperti rebutan lahan, ijin mendirikan bangunan, hingga perencaan transportasi publik yang semrawut.

Maka dari itu, pada zaman sekarang ini peta Indonesia masih tetap dibuat meskipun memang cara menghitungnya rumit. Ditambah ada sebuah kebijakan dari pemerintah Indonesia yang membuat perhitungan luas dan akurasi peta Indonesia di samakan. Dengan begitu orang-orang tak perlu susah lagi membuat peta, dan kita jadi bisa tahu potensi kekayaan alam, luasnya negara kita, dan bisa jadi dasar untuk merancang suatu kebijakan yang membuat negara kita semakin makmur.

Itulah sedikit pencerahan bagi kita semua tentang bagaimana cara orang mengetahui luas Indonesia, terima kasih sudah mengunjungi website dan membaca tulisan ini, terima kasih pula kepada channel Youtube: Kok bisa, yang menjadi referensi tulisan ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »