Kenakan Jaket Saat Jogging? Sebaiknya Jangan!

kenakan jaket saat jogging
Kenakan jaket saat jogging
Lari atau jogging saat ini sudah menjadi suatu olahraga yang ngetren, olahraga yang murah meriah ini banyak digandrungi semua kalangan. Ragam pula gaya, ataupun style yang juga ngetren dikalangan anak muda yang digunakan saat jogging, salah satunya adalah mengenakan jaket. Mungkin kamu pernah melihat orang-orang jogging dengan mengenakan jaket, atau bahkan kamu pernah mengalaminya. Namun, apakah mengenakan jaket saat berolahraga diperbolehkan terutama dampak bagi kesehatan tubuh kita?

Ternyata menggunakan jaket saat jogging maupun olahraga lainnya dapat menghambat penguapan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. Padahal semestinya penguapan keringat ditubuh kita sangat penting untuk terjadi ketika melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga seperti jogging. Seperti apa yang diutarakan oleh dr. Hario Tilarso, SpKO, FACSM selaku spesialis kedokteran olahraga.
"Kalau berlari, berlaku juga pada semua jenis olahraga, gunakan pakaian yang bahannya tidak tebal. Jangan menggunakan bahan wool apalagi jaket. Pakailah bahan yang bisa membantu memudahkan penguapan keringat yang keluar saat berlari. Karena harus diperhatikan bahwa keringat yang keluar itu harus diuapkan," ungkap dr Hario seperti dilansir detikHealth.
Proses penguapan keringat yang terjadi merupakan hal yang penting dan tak bisa dibaikan oleh kita begitu saja, saat berolahraga. Karena proses tersebut akan membantu mendinginkan suhu badan kita yang akan semakin memanas saat berolahraga.

Bahkan jika kita mengabaikannya bisa mengalami suatu masalah kesehatan, seperti cedera yang terjadi karena disebabkan akibat panas di dalam tubuh. Seperti, pingsan bahkan lebih parah lagi yakni kematian, hal itu disebut dengan Heat Injuries.
"Jika tidak ada penguapan, orang bisa terserang cedera. Namanya itu heat injuries," tutup dokter yang berpraktik di RS Premier Bintaro ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »