Terinspirasi, Sekolah Di Chicago Jadikan Film Black Panther Sebagai Dasar Kurikulum

film black panther dijadikan dasar kurikulum
Image: Twitter @traser03
Film Black Panther memang fenomenal. Film yang dikatakan merupakan superhero berkulit hitam pertama ini menuai banyak pujian. Tak sedikit dampak positif yang berhasil ditularkan film ini ke masyarakat. Salah satunya adalah dengan menjadikan film Black Panther ini sebagai kurikulum di sekolah.

Ya, Black Panther ini dijadikan sebagai dasar kurikulum oleh seorang guru kelas enam bernama Tess Raser di Chicago. Melalui akun Twitternya Raser membagikan kurikulum mengenai Wakanda. Sebuah Negara yang merupakan latar dari film Black Panther itu sendiri.

Raser memberikan dua kurikulum yakni tentang 'Kolonialisme Afrika' dan 'Rasisme Amerika'. Untuk mendorong sebuah diskusi di dalam kelas adalah salah satu tujuannya menggunakan film Black Panther sebagai kurikulum.

Detailnya topik kurikulum yang dibuat oleh Raser mencakup, feminisme, revolusi kulit hitam, rasisme-anti kulit hitam serta warisan kolonialisme. 

Ia menjelaskan bahwa dirinya ingin mendorong anak-anak kulit hitam ikut terlibat dengan media dan sastra, khususnya ketika topik pembahasan utamanya adalah etsnis kulit hitam. Ia juga ingin anak-anak memiliki pemahaman yang lebih dalam dari hal tersebut. Juga sebagai usaha untuk mempersiapkan mereka sebagai pembuat perubahan di masa depan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »