Inilah Cara Simpel Untuk Mencegah Terjadinya Stunting Pada Anak

Inilah-Cara-Simple-Untuk-Mencegah-Terjadinya-Stunting-Pada-Anak
Sumber gambar: flickr.com
Sebagai mama, orang tua, ataupun calon mama milenials tentu penting sekali untuk mengenal apa itu stunting. Pasalnya stunting ini tak bisa dianggap enteng.

Stunting menjadi isu kesehatan yang ditakuti. Sebab berdampak terhadap rendahnya sumber daya manusia Indonesia.

[Segera Kenali Penyakit Stunting, Karena Jika Hal Ini Terjadi Susah Untuk Disembuhkan]

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita harus perlu ikut berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan memberikan pemahaman mengenai stunting dan bagaimana cara pencegahannya.

Untuk itu, inilah beberapa cara simpel untuk mencegah terjadinya stunting pada anak:
  1. Menjaga Kebersihan
    menjaga-kebersihan
    Sumber gambar: salud180.com
    Kebersihan adalah salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit pada anak, bahkan bukan kepada anak-anak saja. Kita sebagai orang dewasa pun bisa saja mengalami sakit lantaran tidak menjaga kebersihan.
    Kesehatan erat kaitannya dengan kebersihan. Kebersihan yang kita jaga juga mampu menjaga kekebalan tubuh pada anak, sehingga bisa terhindar dari infeksi. Hal ini menjadi dasar untuk mencegah anak dari infeksi, yang mana infeksi merupakan salah satu penyebab stunting.
  2. Pola Makan Sehat
    pola-makan-sehat
    Sumber gambar: flickr.com
    Membiasakan pola makan sehat merupakan hal yang penting bagi tumbuh kembang anak. Hal ini pula yang bisa menjadi cara untuk mencegah stunting. Kita ketahui jika permasalahan stunting ini timbul dari asupan gizi buruk atau kurang yang menjadi faktor utama terjadinya stunting pada anak.
    Stunting bisa terjadi bahkan ketika bayi masih dalam kandungan. Untuk itu, penting bagi calon ibu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang baik saat hamil.
    Salah satu contoh dalam satu porsi makan adalah diisi dengan buah-buahan dan saur-sayuran, setengahnya lagi bisa diisi oleh sumber protein hewani atau nabati (kedua protein ini sama pentingnya) dengan proporsi lebih banyak dari sumber karbohidrat.
  3. Pola Asuh Orang Tua
    pola-asuh-orangtua
    Sumber gambar: shutterstock.com
    Pola asuh orang tua terhadap anaknya tak bisa dianggap sepele. Bahkan hal ini merupakan faktor utama dalam lingkungan keluarga sebagai tempat pertama tumbuh kembang anak.
    Untuk itu, diperlukan pola asuh yang tepat bagi sang anak. Tak hanya perilaku, orang tua yang baik adalah orang tua yang mau untuk memahami edukasi perkembangan kesehatan anak, bahkan sejak dalam masa kandungan.
    Saling support dan kerjasama seorang suami dan istri untuk tetap harmonis juga tak kalah penting dalam tumbuh kembang anak. Pemberian hak anak untuk mendapatkan kekebalan melalui imunisasi juga tak boleh dilupakan.
  4. Aktifitas Fisik dan Berolahraga
    aktifitas-fisik-dan-berolahraga
    Sumber gambar: yandex.by
    Melakukan aktifitas fisik dan rutin berolahraga juga merupakan hal penting selain pemenuhan makanan yang bergizi dan bernutrisi.
    Aktifitas fisik membuat tubuh anak akan mengeluarkan energi dan faktanya menjadikan anak memiliki tubuh lebih tinggi daripada yang tidak bergerak.
  5. Istirahat
    istirahat
    Sumber gambar: ideastations.org
    Istirahat yang cukup dan tidur berkualitas membuat tubuh anak ikut berkembang dengan baik. Jangan sampai anak memiliki kebiasaan buruk dengan tidur larut malam. Sebab hormon pertumbuhan akan bekerja dengan maksimal pada malam hari alias pada saat anak tidur dengan nyenyak.
[Bahayanya Penyakit Stunting, Ternyata Gejalanya Seperti Ini]

Itulah beberapa cara simpel yang bisa dilakukan oleh para orang tua ataupun bagi calon mama milenials untuk segera mempersiapkan segala sesuatunya demi mencegah dan meminimalisir terjadinya stunting pada anak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sebagai pembaca, kalian pun bisa ikut berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan membagikan informasi mengenai Cara Simple Untuk Mencegah Terjadinya Stunting Pada Anak. Sebab sekali lagi stunting ini bukan masalah sepele, ini adalah isu kesehatan yang ditakuti.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »