Segera Kenali Penyakit Stunting, Karena Jika Hal Ini Terjadi Susah Untuk Disembuhkan

Segera-Kenali-Penyakit-Stunting,-Karena-Jika-Hal-Ini-Terjadi-Susah-Untuk-Disembuhkan
Sumber gambar: flickr.com
Stunting menjadi salah satu isu kesehatan yang sangat ditakuti. Hal itu karena berbahayanya penyakit ini dengan menyasar tumbuh kembang anak-anak. Sehingga mengakibatkan gagalnya sang anak memiliki tinggi tubuh yang ideal pada usianya.

[Bahayanya Penyakit Stunting, Ternyata Gejalanya Seperti Ini]

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kondisi ini sudah terjadi ketika bayi yang bahkan masih berada di dalam kandungan. Hal itu diakibatkan oleh asupan ibu selama kehamilan kurang berkualitas, sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit.

Teori juga menyebutkan bahwa kurangnya asupan makanan yang mengandung zink, zat besi, serta protein ketika anak masih berusia balita adalah hal yang disinyalir menjadi faktor utama yang menyebabkan stunting.

Sehingga kabar buruknya, penyakit stunting ini adalah penyakit yang terbilang susah untuk disembuhkan jika usia sang anak sudah lebih dari 2 tahun.
"Pasien-pasien saya kan datangnya sudah stunting. Tetapi kita lihat lagi, kalau kita bisa perbaiki, di bawah usia dua tahun. Kalau di atas itu, sulit," begitu tutur spesialis nutrisi dan metabolik pada anak, dr Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K), mengutip detikHealth
Maksudnya jika seorang anak sejak ia masih balita sudah stunting atau mengalami tinggi tubuh yang tidak ideal pada seusianya, maka saat puber ia tidak dapat mencapai pertumbuhan maksimal. Bahkan pertumbuhannya akan terus lambat hingga ia dewasa.
Segera-Kenali-Penyakit-Stunting,-Karena-Jika-Hal-Ini-Terjadi-Susah-Untuk-Disembuhkan
Sumber gambar: pixabay.com
Untuk mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan agar meminimalisir terjadinya stunting silahkan klik dibawah ini:

[Inilah Cara Simple Untuk Mencegah Terjadinya Stunting Pada Anak]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »